Penulisan saya kali ini akan membahas mengenai Desain Pemodelan Grafik , penulisan ini bertujuan untuk memenuhi tugas softskill yang diberikan oleh dosen saya pada matakuliah Desain Pemodelan Grafik.
Dalam dunia komputer, desain pemodelan grafis merupakan suatu teknik penciptaan suatu citra objek dengan menggunakan sifat-sifat perangkat lunak grafis, yaitu memanipulasi bentuk, cahaya, warna, bayangan, dan tekstur permukaan suatu objek citra. Desain pemodelan grafis ini dapat meliputi gambar berdimensi dua maupun berdimensi tiga. Seperti yang kita ketahui bahwa gambar berdimensi dua akan memiliki dimensi panjang dan lebar saja misalnya bangun datar persegi. Sedangkan gambar berdimensi tiga akan memiliki dimensi tambahan yaitu tinggi atau kedalaman misalnya bangun ruang kubus.
Dibawah ini adalah beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
Desktop publishing :
·
Adobe
Illustrator
·
Adobe
Indesign
·
Coreldraw
·
GIMP
·
Inkscape
·
Adobe
Freehand
·
Adobe
image ready
·
CorelDraw
·
Adobe
Page Maker
·
Paint
Tool SAI
Webdesign :
-Adobe Dreamweaver
-Microsoft Frontpage
-Notepad
-Adobe Photoshop
Audiovisual :
Adobe After Effect
Adobe Premier
Final Cut
Adobe Flash, atau sebelumnya
Macromedia Flash
Ulead Video Studio
Magic Movie Edit Pro
Power Director
Rendering 3 Dimensi :
3D StudioMax
Maya
AutoCad
Google SketchUp
Light Wave
Blender
Softimage
Desain pemodelan grafik juga di aplikasikan pada
berbagai bidang kehidupan seperti :
o
Peta digital
o
Kesehatan
o
Perancangan objek
o
System
multimedia
o
Presentasi grafik
o
Presentasi saintifik
o
Pemrosesan citra, dan
o
Simulasi
Jika berbicara mengenai desain
pemodelan grafik tentunya kita berbicara mengenai visualisasi atapun grafis
dari sebuah gambar. Kualitas dari sebuah gambar yang diolah memiliki 2 type
yaitu bitmap dan vektor.
a.
Vektor
Vector adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vector. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar. Pada gambar vector, apabila di perbesar maka gambar tersebut tidak akan pecah. Hal ini dikarenakan gambar vector menggabungkan titik dan garis untuk menjadi sebuah obyek,sehingga gambar tidak akan pecah biarpun diperbesar atau diperkecil. Vector menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan koordinar geometris gamabar tersebut. Tampilan gambar vector walaupun bersifat relative lebih kaku dari pada tampilan birmap akan tetapi kaulitasnya tidak bergantung pada resolusi gambar.
Contoh teknologi dari penggunaan gambar vector adalah salah satunya pembuatan stiker/cutting sticker. Berbeda dengan bitmap dimana program program yang dimilikinya sebagian besar dipusatkan untuk pengeditan sedangkan pada program aplikasi vector diperuntukkan untuk gambar dengan tepi yang tajam dan pembuatan gambar dari awal. Pada pembuatan cutting sticker terdapat alat yang di koneksikan dengan computer yang nantinya user akan menggunakan aplikasi vector seperti CorelDraw untuk membuat gambar berbasis vector setelah itu mesin cutting sticker akan mencetak hasil buatan kita tersebut.
Vector adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vector. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar. Pada gambar vector, apabila di perbesar maka gambar tersebut tidak akan pecah. Hal ini dikarenakan gambar vector menggabungkan titik dan garis untuk menjadi sebuah obyek,sehingga gambar tidak akan pecah biarpun diperbesar atau diperkecil. Vector menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan koordinar geometris gamabar tersebut. Tampilan gambar vector walaupun bersifat relative lebih kaku dari pada tampilan birmap akan tetapi kaulitasnya tidak bergantung pada resolusi gambar.
Contoh teknologi dari penggunaan gambar vector adalah salah satunya pembuatan stiker/cutting sticker. Berbeda dengan bitmap dimana program program yang dimilikinya sebagian besar dipusatkan untuk pengeditan sedangkan pada program aplikasi vector diperuntukkan untuk gambar dengan tepi yang tajam dan pembuatan gambar dari awal. Pada pembuatan cutting sticker terdapat alat yang di koneksikan dengan computer yang nantinya user akan menggunakan aplikasi vector seperti CorelDraw untuk membuat gambar berbasis vector setelah itu mesin cutting sticker akan mencetak hasil buatan kita tersebut.
b.
Bitmap
Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri daei susunan titik yang tersimpan di memori computer. Bitmap merupakan kategori grafik kaya warna dan tersusun dari pixel pixel yang kita sebut sebagai resolusi. File gambar dengan resolusi lebih jernih maka memiliki ukuran file yang jauh leih besar juga. Bitmap sangat tergantung pada besaran resolusi. Semakin besar resolusi suaru gambar bitmap maka semakin baik kualitas dan ukuran filenya. Perbedaannya dengan gambar vector adalah, pada bitmap apabila gambar di perbesar maka kualitas gambar nya akan pecah. Hal ni dikarenakan bitmap terbentuk dari pixel pixel yang memiliki warna tertentu. Semakin banyak jumlah dalam suatu gambar maka gamabar yang dihasilkan akan semakin bagus. Beebrapa teknologi yang menggunakan prinsip bitmap adalah salah satunya pencetakan foto digital. Sebagai contoh kita gunakan salah satu aplikasi grafis bitmap seperti Adobe Photoshop. Pada Adobe Phtoshop kita dapat mengedit photo sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa mengatur brightness atau pun darkness pada foto yang kita edit sehingga hasilnya dapat sesuai dengan keinginan kita. Selain itu juga kita bisa memperhalus gambar agar semakin indah dilihat. Itulah salah satu keunggulan teknologi Bitmap. Contoh lain dari aplikasi bitmap adalah Microsoft Photo Editor, Macromedia Fireworks dan lain sebagainya. Semua program tersebut menawarkan kemudahahn dan kelengkapan fiturnya.
Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri daei susunan titik yang tersimpan di memori computer. Bitmap merupakan kategori grafik kaya warna dan tersusun dari pixel pixel yang kita sebut sebagai resolusi. File gambar dengan resolusi lebih jernih maka memiliki ukuran file yang jauh leih besar juga. Bitmap sangat tergantung pada besaran resolusi. Semakin besar resolusi suaru gambar bitmap maka semakin baik kualitas dan ukuran filenya. Perbedaannya dengan gambar vector adalah, pada bitmap apabila gambar di perbesar maka kualitas gambar nya akan pecah. Hal ni dikarenakan bitmap terbentuk dari pixel pixel yang memiliki warna tertentu. Semakin banyak jumlah dalam suatu gambar maka gamabar yang dihasilkan akan semakin bagus. Beebrapa teknologi yang menggunakan prinsip bitmap adalah salah satunya pencetakan foto digital. Sebagai contoh kita gunakan salah satu aplikasi grafis bitmap seperti Adobe Photoshop. Pada Adobe Phtoshop kita dapat mengedit photo sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa mengatur brightness atau pun darkness pada foto yang kita edit sehingga hasilnya dapat sesuai dengan keinginan kita. Selain itu juga kita bisa memperhalus gambar agar semakin indah dilihat. Itulah salah satu keunggulan teknologi Bitmap. Contoh lain dari aplikasi bitmap adalah Microsoft Photo Editor, Macromedia Fireworks dan lain sebagainya. Semua program tersebut menawarkan kemudahahn dan kelengkapan fiturnya.
Kelebihan
dan kekurangan grafis vektor dan bitmap
- Kelebihan Grafis Vektor :
- Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih
efisien
- Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan
bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
- Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer
Anda
- Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif
lebih mudah dan menyenangkan
- Kekurangan Grafis Vektor :
- Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor
yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap
- Kelebihan Grafis Bitmap :
- Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga
dapat membuat objek tampil sesuai keinginan.
- Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek
gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan
- Kelemahan Grafis Bitmap :
- Objek gambar tersebut memiliki permasalahan
ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.
- Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap
yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi
yang lebih rendah
SUMBER :
http://arkadiuswellyam.wordpress.com/2012/09/27/desain-pemodelan-grafik/
http://neuroindonesian.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafik.html
http://g2hcombro.wordpress.com/2010/02/27/artikel-desain-pemodelan-grafik/
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
http://arkadiuswellyam.wordpress.com/2012/09/27/desain-pemodelan-grafik/
http://neuroindonesian.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafik.html
http://g2hcombro.wordpress.com/2010/02/27/artikel-desain-pemodelan-grafik/
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar